Jumat, 21 Juni 2013

Mengenal Lebih Jauh Buah Iblis Logia One Piece

Logia, Kekuatan dari Alam

Secara umum dapat diartikan sebagai “Sistem Nature”.  Adalah salah satu dari tiga jenis Buah Iblis. DF jenis ini memberikan penggunanya kemampuan untuk berubah menjadi elemen alam atau kekuatan alam. Logia Iblis Buah yang dianggap paling kuat serta paling langka dari jenis Buah Iblis secara keseluruhan.

LOGIA

Secara umum dapat diartikan sebagai “Sistem Nature”.  Adalah salah satu dari tiga jenis Buah Iblis. DF jenis ini memberikan penggunanya kemampuan untuk berubah menjadi elemen alam atau kekuatan alam. Logia Iblis Buah yang dianggap paling kuat serta paling langka dari jenis Buah Iblis secara keseluruhan.

Kekuatan




Kuzan dapat kembali ke bentuk normalnya setelah hancur berkeping2Logia memungkinkan seseorang untuk menjadi elemen alam, baik seluruhnya atau sebagian; Dalam keadaan standar, mereka tidak benar-benar manusia atau elemen. Maksudnya disini adalah wujud mereka tetap manusia tapi susunan badan mereka adalah elemen itu sendiri, sehingga tidak dapat di serang secara langsung. Keunikan ini juga memungkinkan mereka untuk menghasilkan dan memanupulasi elemen tersebut. Selain itu badan pengguna Logia dapat terpisah menjadi beberapa bagian tanpa mengalami cedera. Konsep dari DF ini sendiri adalah “Mereka adalah elemen tersebut” (Chapter 97 , Episode 48)
Contohnya, Smoker tidak dapat di sentuh secara langsung, sebab ia adalah asap itu sendiri. Begitu juga dengan aokiji yang meskipun badannya hancur berkeping2, ia dapat menyatu kembali karna ia adalah es itu sendiri. Ketika badan mereka terpisah, mereka (pengguna logia) masih bisa tetap bergerak dengan bagian tubuh yang terpisah itu. Kemampuan lain juga dapat mereka kembangkan yang berhubungan dengan elemen mereka, beberapa contohnya adalah Crocodile yang dapat menyerap air/kelembapan karna ia adalah pasir,  Aokiji yang dapat membekukan air dan Caesar yang dapat memisahkan Oksigen pada daerah tertentu karna ia pengguna Logia elemen gas.Atau Enel yang dapat memancarkan gelombang listrik elektromagnetik sehingga dapat membaca pikiran orang pada jangkauan area tertentu,

Kizaru dapat menembakan Beam
Kizaru dapat menembakan Beam
Di samping kemampuan mereka untuk berubah menjadi elemen mereka, pengguna Logia juga dapat menghasilkan jumlah tak terbatas dari elemen mereka dan mengontrolnya sesuai kehendak mereka, daya rusak yang di hasilkan juga sangat menakutkan. Sebuah contoh utama dari kehancuran kelas ini ‘adalah ketika Kuzan dan Sakazuki bentrok dengan satu sama lain pada kekuatan penuh, kekuatan Logia mereka secara permanen terdistorsi cuaca di Punk Hazard, mengubah satu setengah menjadi gurun beku, dan setengah lainnya ke dalam neraka yang menyala-nyala , atau ketika Ace dan Blackbeard menghancurkan Banaro Pulau selama pertarungan mereka. Namun, unsur-unsur tertentu, seperti asap dan rawa, yang lebih cocok untuk menangkap musuh daripada menyebabkan kerusakan.

Kesimpulannya adalah kekuatan elemen pengguna tidak bergantung pada kekuatan fisiknya. Terlepas dari kekuatan asli pengguna, kekuatan yang mereka peroleh adalah dari skala perbandingan yang sama. Hal ini berbeda dari  Zoan, yang bertindak sebagai pengganda kekuatan fisik, dan  Paramecia, yang dapat penggunaannya bergantung pada kecerdikan penggunanya. Namun, sifat dari elemen Buah Iblis dapat memberikan kasus tertentu di mana pengguna dapat memanfaatkan itu dalam hubungannya dengan gerakan mereka sendiri pertempuran. Contoh dari hal ini terlihat kasus Kizaru, yang menggunakan cahaya untuk meningkatkan kekuatannya menendang ke tingkat ledakan.

Kelemahan

Meskipun mereka dapat berubah menjadi elemen yang membuar mereka tidak dapat disentuh secara langsung, tapi serangan yang tiba2 dan mengagetkan juga dapat menyentuh mereka ketika mereka masih dalam bentuk manusia, contohnya adalah ketika Luffy badan Luffy telak mengenai Ace dan Smoker dengan Gomu2 no Rocket (Chapter 158 , Episode 94). Tapi dengan pelatihan pada tingkat lebih lanjut, mereka dapat langsung mengubah bagian tubuh yang di serang secara refleks, contohnya adalah ketika Vivi dengan tiba2 menyerang Crocodile hingga kepalanya putus ( Chapter 170 and Episode 106). Jadi kesimpulannya untuk menghindari serangan, pengguna Logia juga harus mentransformasikan badannya menjadi elemen mereka, tapi seiring dengan kebiasaan, hal ini bisa terjadi secara otomatis. Dan ketika mereka berada pada bentuk elemen mereka, maka mereka tidak tersentuh. Maka dari itu pengguna Logia yang sudah berpengalaman sering terlihat percaya diri menerima serangan dengan telak karna serangan itu otomatis tidak akan mencederai mereka, sehingga ketika kekuatan mereka ini di netralkan maka mereka harus bergantung pada kekuatan alami mereka dalam menghindar yang belum tentu mereka miliki. Tapi sejauh ini para pengguna Logia terlihat sangat sulit untuk di sentuh secara langsung.

Luffy tidak mempan terhadap listrik
Luffy tidak mempan terhadap listrik
Sejauh ini cara agar para pengguna Logia dpat di sentuh adalah dengan menggunakan kelemahan alami dari elemen mereka, contohnya adalah Logia milik enel yang merupakan Logia petir yang ternyata tidak mempan terhadap Luffy yang merupakan pengguna Paramecia karet, karna kita tau bahwa karet adalah isolator listrik yang sangat baik. Sehingga Luffy dapat langsung menyentuh Enel karna Luffy sendiri (karet) adalah kelemahan alami dari listrik/petir. Atau waktu Luffy melawan Crocodile menggunakan air, sehingga Crocodile tidak dapat berubah menjadi pasir karena air dapat memadatkan pasir secara alami.

Marco menendang telak Kizaru
Marco menendang telak Kizaru
Cara kedua adalah dengan menguasai Busoshoku Haki, para pengguna haki jenis ini dapat menyentuh pengguna Logia secara langsung tanpa menggunakan kelemahan alami elemen yang di lawan. Hal ini terlihat ketika Marco berhasil menendang telak Kizaru yang adalah pengguna Logia.
Dan cara yang terakhir tentu saja dengan menggunakan batu laut/Kairoseki yang dapat menonaktifkan kekuatan semua jenis DF.

Para Pengguna

Moku Moku
Smoker
 Pengguna: Kapten Smoker
* Kekuatan: Dapat mengubah tubuh menjadi kabut, dan sepertinya pengguna dapat membuat kabut tersebut menjadi keras seperti saat Smoker menyerang Luffy dengan kekuatannya. Lemah terhadap api. ( kabut adalah hasil penguapan , kalau dipanaskan lagi, bagaimana jadinya ? )
* Arti: Moku adalah anagram dari kumo yang berarti awan/kabut.

Mera Mera
Ace
Ace
* Pengguna: Portgas D. Ace
* Kekuatan: Mengubah tubuh menjadi api dan dapat memanipulasi api. Lemah terhadap lava & magma yang lebih panas, terutama Admiral Akainu
* Arti: Mera berarti terbakar.

Suna Suna
Suna suna no mi, logia DF
* Pengguna: Crocodille
* Kekuatan: Mengubah tubuh menjadi pasir dan dapat memanipulasi pasir, misalnya menciptakan badai pasir. Menguntungkan dalam pertarungan di padang pasir, kelemahan utamanya adalah benda cair yang bisa menggumpalkannya.
* Arti: Suna berarti pasir.

Goro Goro
Enel
Enel
* Pengguna: God Enel
* Kekuatan: Mengubah tubuh menjadi petir dan dapat memanipulasi petir, misalnya menciptakan gelombang petir raksasa dengan voltase sangat besar. Lemah terhadap karet, seperti Luffy ( karena karet merupakan isolator )
* Arti: Gorogoro adalah suara petir (kurang lebih sama seperti “blaar” dalam Indonesia)

 Hie Hie
Kuzan
Kuzan
* Pengguna: Admiral Aokiji
* Kekuatan: Mengubah tubuh menjadi es, dan dapat memanipulasi es, seperti membekukan objek yang disentuhnya. Lemah terhadap api.
* Arti: Hie dari kata hieru yang berarti beku.

Yami Yami
Kurohige

* Pengguna: Marshall D. Teach
* Kekuatan: Membuat pengguna dapat memanipulasi kegelapan, yang bersifat gravitasi. Merupakan jenis yang unik, karena pengguna tidak dapat mengubah tubuhnya menjadi kegelapan, karena tubuhnnya sendiri adalah kegelapan yang bersifat menghisap (gravitasi). Dapat menghisap kekuatan buah iblis orang yang disentuhnya.
* Arti: Yami berarti kegelapan.

Pika Pika
Borsalino
Borsalino
* Pengguna: Admiral Kizaru* Kekuatan: Membuat pengguna dapat memanipulasi cahaya. Pengguna bisa bergerak secepat kecepatan cahaya, juga bisa mengeluarkan tembakan laser mematikan.
* Arti: Pika berarti Cahaya / Terang.


Numa Numa
Caribou
Caribou
*Pengguna: Caribou
*Kekuatan: Pengguna adalah elemen lumpur, dan dapat menyerap benda kedalam badannya untuk kemudian dapat di keluarkan lagi
*Arti: Numa artinya lumpur


Gasu Gasu
*Pengguna: Caesar Clown
*KekuatanMerubah penggunanya menjadi elemen gas dan dapat memanipulasi gas pada jangkauan tertentu, serta kebal terhadap gas beracun
*Arti: Gasu artinya Gas
Caesar
Caesar
Yuki Yuki
*Pengguna: Monet
*Kekuatan: Mengubah penggunanya menjadi elemen salju, dan dapat memanipulasi semua yg berhubungan dengan salju
*Arti: Yuki artinya Salju
Monet
Monet
Gambar akan di Update lagi…
sekian dlu Review dari saya, saya harus mencari banyak sumber, menonton ulang Anime nya dan membuat sendiri gambar animasinya…Mohon bantu sebarkan dekan mengklik tombol tweet dan atau like di bawah postingan ini. Komentar yg membangun juga di terima, Argigatou…

0 komentar:

Posting Komentar

rzn 119. Diberdayakan oleh Blogger.